Apakah di 3 bulan pertama kehamilan, ibu hamil tidak boleh  minum air kelapa?

 

Kita semua tahu bahwa makanan dan minuman yang ditambahkan ke tubuh selama kehamilan sangat penting karena secara langsung mempengaruhi perkembangan janin. Jadi makan harus dipilih dan salah satu makanan ibu hamil yang tidak bisa dilupakan adalah air kelapa.

Untuk waktu yang lama, orang-orang telah saling bercerita bahwa para ibu hamil yang minum kelapa tidak hanya baik untuk kesehatan mereka tetapi juga membantu bayi nantinya memiliki kulit merah muda dan halus. Oleh karena itu, ini dapat dianggap sebagai obat herbal yang baik untuk wanita hamil.

Apakah di 3 bulan pertama kehamilan, ibu hamil tidak boleh  minum air kelapa?

Namun, ada banyak ibu bingung bahwa ibu hamil tidak boleh minum air kelapa di bulan pertama kehamilan karena dapat menyebabkan keguguran dan risiko ibu yang buruk. Jadi apakah kenyataannya begitu?

Apakah Air kelapa menyebabkan keguguran?

Menurut para ahli, air kelapa adalah air minum alami, memiliki efek menyegarkan. Dalam air kelapa, selain minuman ringan juga mengandung banyak mineral, sebagian gula tertentu bekerja dengan baik untuk tubuh.

Jadi pada trimester pertama, metabolisme dasar terjadi secara intens dan kompleks. Air kelapa dengan sifat pengelasan akan membawa dingin ke tubuh untuk mengurangi metabolisme. Bahkan, tubuh akan menjadi dingin yang menyebabkan gangguan metabolisme. Ini dapat berdampak negatif pada tahap awal kehamilan. Karena itu, ketika ibu hamil labu harus membatasi minuman ini.

Selain itu, air kelapa sering disarankan untuk tidak digunakan pada tahap awal kehamilan karena air kelapa selain mineral, tetapi juga tinggi lemak. Esensi lemak sedikit sulit dicerna, banyak minuman yang bisa menyebabkan perut kenyang, gangguan pencernaan, perut kembung. Wanita hamil dalam tiga bulan pertama biasanya memiliki gejala morning sickness seperti mual, anoreksia, muntah, jika minum air kelapa akan meningkatkan rasa mual, perut kenyang. Ini bisa meningkatkan kelelahan ibu hamil.

Manfaat penggunaan air kelapa untuk ibu hamil

Setelah 3 bulan, ibu hamil dapat menggunakan air kelapa sebagai minuman bergizi. Ketika minum air kelapa secara teratur, ibu hamil akan mencegah  peradangan saluran kemih dan mengurangi risiko batu ginjal karena membantu meningkatkan pengeluaran urin pada wanita hamil. Selain itu, konstipasi, kegemukan perut juga berkurang jika ibu sering minum air kelapa.

Air kelapa untuk mengisi cairan dan garam dalam tubuh habis hamil, memiliki efek yang baik untuk wanita hamil ketuban. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan air kelapa mengandung banyak asam laurat, efektif melawan bakteri, virus, membantu melindungi tubuh dari ibu dan janin. Hal ini sangat penting karena tubuh ibu sensitif saat hamil dan sistem kekebalan tubuh sangat lemah.

 

Bagaimana cara mengkonsumsi air kelapa untuk ibu hamil?

Makan terlalu banyak makanan yang tidak baik untuk tubuh, termasuk mengkonsumsi air kelapa. Jadi ibu harus minum secukupnya dan berkonsultasi dengan spesialis, tergantung pada lokasi masing-masing orang. Tapi ibu harus minum minuman buah setiap hari dan tidak minum air kelapa yang sudah didiamkan terlalu lama.

Adapun pendapat bahwa minum air kelapa selama kehamilan dapat melahirkan anak dengan kulit putih dan indah, pernyataan ini tidak memiliki bukti ilmiah yang menyatakan keaslian faktanya. Ini hanyalah salah satu dialami oleh ibu hamil dari mulut ke mulut sehingga, masih banyak dipercaya sampai saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *