Hal yang harus dilakukan sebelum dan selama kehamilan

 

Ada juga miliar hal-hal yang ibu harus lakukan sebelum dan selama kehamilan untuk melindungi bayi dari cacat lahir.

Untuk menghindari cacat bawaan, Anda perlu mengonsumsi asam folat sebelum kehamilan, lalu ada beberapa hal lain yang harus ibu lakukan Anda dan bayi Anda akan memiliki kehamilan yang bahagia, dan sehat. .

Hal yang harus dilakukan sebelum dan selama kehamilan

Apa yang harus dilakukan sebelum kehamilan

Jika Anda telah memutuskan untuk memiliki anak, jangan menunggu untuk hamil dan kemudian berhati-hatilah menghindari bayi lahir cacat. Jika sebelum kehamilan, tubuh ibu tidak sehat, kurang nutrisi penting, kehamilan, terutama 3 bulan pertama kehamilan, saat janin membentuk organ yang paling penting, tubuh Ibu Anda mungkin tidak dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk bayi Anda, yang dapat meningkatkan risiko cacat lahir tertentu. Jadi, tidak terlalu dini jika Anda berencana dan memulai memerangi malformasi janin langsung dari waktu luang Anda.

  • Pemeriksaan fisik. Beberapa penyakit yang Anda bawa dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi saat Anda hamil, seperti diabetes, tekanan darah tinggi akan berkembang lebih saat hamil; penyakit ginjal, asma, epilepsi dapat mempengaruhi janin dll. Pemeriksaan kehamilan akan membantu Anda serta dokter kandungan lebih baik mengendalikan kondisi kesehatan dan memastikan janin berkembang. normal nanti.
  • Ini juga saat yang tepat untuk mendapatkan vaksinasi terhadap sejumlah kondisi yang dapat mengancam bayi Anda jika Anda secara tidak sengaja kuman seperti flu, campak, gondong, Rubella, hepatitis A, B, pneumonia pneumonia, otak, tetanus, dll. Menurut dokter kandungan, “vaksinasi sebelum kehamilan sangat diperlukan untuk memastikan keselamatan bagi ibu dan anak. Tergantung pada kondisi individu, adalah mungkin untuk menyuntikkan sebanyak atau vaksin yang diperlukan. Anda juga harus tahu bahwa jika tidak ada vaksinasi akan ada risiko pada janin, misalnya, jika Anda tidak memiliki vaksin Rubella, tingkat cacat bawaan dapat meningkat pada bulan-bulan pertama (terutama dalam 4 minggu pertama) lebih dari 50%.”
  • Singkirkan kebiasaan buruk. Merokok, alkohol, penggunaan obat-obatan, termasuk vitamin, teh herbal asal tidak diketahui, kampanye malas, dll. Ini adalah kebiasaan buruk yang harus Anda lepaskan sebelum Anda memutuskan untuk memiliki bayi. Jika Anda atau pasangan Anda merokok, termasuk perokok pasif, meningkatkan tingkat malformasi janin karena berkurangnya kualitas sperma, atau meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir mati, dll. Minum alkohol Ini tidak baik untuk janin, karena jika Anda kecanduan alkohol sebelum kelahiran, anak Anda nantinya akan menghadapi serangkaian masalah kesehatan, termasuk penyakit. tempat kelahiran

 

  • Suplemen asam folat. Asam folat memainkan peran yang sangat penting dalam mencegah malformasi kongenital seperti cacat tabung saraf, spina bifida, hidrosefalus, dll. Dokter menyarankan Anda untuk mengambil 400 miligram asam Asam folat setiap hari selama 3 siklus menstruasi sebelum ingin memiliki bayi. Selain itu, hindari terlalu banyak makanan dan obat-obatan yang mengandung vitamin A, karena kelebihan vitamin A juga menyebabkan cacat lahir pada janin. Penggunaan yang disarankan tidak lebih dari 770 mrg RAE vitamin A per hari.

Selama kehamilan

Jika Anda hamil, ibu Anda, diet Anda, atau kontak Anda dengan bahan kimia di lingkungan sekitarnya … juga akan mempengaruhi risiko bayi Anda cacat lahir. Oleh karena itu, selama kehamilan, ibu harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Terus minum asam folat. Karena peran penting bermain asam folat dalam mencegah anomali, Anda masih perlu mengambil suplemen ini segera setelah Anda hamil, sekitar 400 mrg per hari, dan setidaknya bulan ketiga. kehamilan.
  • Mengkonsumsi 5 kelompok makanan pokok. Setiap kali makan, ibu harus memastikan persediaan makanan bayi yang cukup melalui lima kelompok makanan utama: biji-bijian utuh (dengan setengah biji-bijian), sayuran (terutama sayuran berdaun) buah hijau gelap, buah (lebih baik jus buah mentah dari jus buah), susu dan produk susu, daging dan makanan kaya protein. Juga, berikan beberapa minyak (berasal dari ikan, kacang atau sayuran) ke diet Anda untuk menyediakan Omega 3 untuk membantu mengembangkan kecerdasan Anda, mengurangi impuls saraf. Dan selalu ingat untuk makan banyak serat, minimalkan lemak berbahaya (banyak lemak hewani, makanan yang digoreng dll.).
  • Makan ikan dengan benar. Ikan baik untuk pertumbuhan janin karena mengandung banyak asam lemak yang membantu mengembangkan otak bayi Anda, tetapi perlu diingat untuk menghindari makan ikan yang tinggi merkuri seperti tuna, ikan, ikan pedang, hiu, ikan. koleksi besar, dll., karena merkuri sangat beracun bagi tubuh. Jika janin menyerap merkuri melalui darah ibu, itu dapat menyebabkan risiko cacat lahir. Oleh karena itu, ibu harus makan hanya sekitar 350g / minggu (setara dengan rata-rata 2-3 kali makan) makanan laut tanpa merkuri seperti udang, salmon, lele, tuna (terbatas untuk makan tuna putih di bawah ini) 170 g / minggu).
  • Jangan gunakan kokain, alkohol, atau rokok, termasuk perokok pasif, karena mereka menyebabkan malformasi kongenital pada organ dan organ janin seperti orang cacat. kaki, usus, ginjal, sistem kemih, kardiovaskular, bibir sumbing bayi, langit-langit mulut sumbing, mempengaruhi perkembangan kecerdasan, dan serangkaian efek buruk lainnya seperti keguguran, lahir dengan sindrom alkohol janin, rentan terhadap kematian mendadak (SIDS), dll.
  • Minum banyak air dan tidur di sebelah kiri. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan suplai darah ke janin, membantunya tumbuh lebih kuat. Khususnya, ketika tidur, ibu mencoba berbaring miring, terutama ke kiri sebanyak mungkin, terutama pada bulan-bulan terakhir kehamilan. Pada saat yang sama, pertahankan asupan air yang cukup (minum setidaknya 6 hingga 8 gelas air, jus buah atau susu rendah lemak, tanpa gula per hari). Untuk mengetahui apakah tubuh Anda memiliki cukup air, ibu Anda hanya perlu mengamati air seni Anda, jika mereka lebih gelap, Anda perlu menambahkan lebih banyak air daripada yang Anda konsumsi.
  • Jauhi lingkungan dengan bahan kimia berbahaya. Lingkungan yang mengandung sejumlah besar pelarut, merkuri, timbal, cat / cat, atau pestisida di luar tingkat toksisitas yang disarankan. Karena itu, jika pekerjaan yang sering terkena zat-zat berbahaya ini, sebaiknya ibu terbaik didiskusikan dengan atasan dapat ditransfer ke departemen lain selama pemilu. Juga, hindari kontak yang sering dengan sinar-X. Menurut penelitian ilmiah, organ embrio sangat sensitif terhadap radiasi, sehingga sinar X rentan terhadap perkembangan bayi, atau perkembangan kelainan. janin Di tengah kehamilan, sistem reproduksi bayi, gigi, dan sistem saraf pusat tumbuh relatif cepat, dengan efek sinar-X yang dapat mengganggu fungsi, pertumbuhan lambat atau fungsi otak. miskin.
  • Batasi kegiatan untuk meningkatkan suhu tubuh. Menjadi terlalu aktif dalam cuaca panas, sauna, mandi uap, mandi air panas, dll semua meningkatkan suhu tubuh bayi Anda. Implikasinya adalah bahwa suhu cairan amniotik juga meningkat, menyebabkan cacat pada janin, terutama pada 3 bulan pertama kehamilan.
  • Tidak ada penolakan konseling genetik. Jika janin ditemukan memiliki masalah medis atau riwayat keluarga cacat lahir, orang tua tidak boleh menolak tes diagnostik yang diperlukan oleh dokter, atau harus mencari perhatian medis. Berpartisipasi dalam sesi konseling genetik dengan para ahli di bidangnya. Ini akan membantu ibu menentukan status perkembangan bayinya, serta intervensi tepat waktu, tepat dan terbaik untuk bayi.
  • Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam cuti hamil. Pastikan untuk makan air matang, hindari kontak langsung dengan kucing, kotoran dan hewan pengerat agar tidak terinfeksi parasit Toxoplasmosis, ikuti jadwal pemeriksaan dokter, konsultasikan dengan dokter Beri tahu dokter Anda tentang vitamin atau herbal apa pun yang telah Anda gunakan, dll. Untuk membantu bayi Anda agar tetap menjauh dari malformasi bawaan, pertumbuhan normal, dan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *